cover
Contact Name
-
Contact Email
jpp_lp2m@mail.unnes.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jpp_lp2m@mail.unnes.ac.id
Editorial Address
Research and Community Service Institute, Universitas Negeri Semarang, Sekaran, Gunungpati, Semarang, Central Java, Indonesia
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Penelitian Pendidikan
ISSN : 25031260     EISSN : 25804154     DOI : -
Core Subject : Education,
This journal publishes original articles on the latest issues and trends occurring internationally in education curriculum, instruction, learning, policy, and preparation of teachers with the aim to advance our knowledge of education theory and practice. Moreover, this journal also covers the issues concerned with environmental education.
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 27, No 1 (2010): April 2011" : 15 Documents clear
PENINGKATAN KUALITAS PERKULIAHAN METODE PENELITIAN PENDIDIKAN DAN PROGRAM BIMBINGAN DINI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA A Tri Widodo
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 27, No 1 (2010): April 2011
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jpp.v27i1.199

Abstract

Salah satu tugas penting yang harus dilaksanakan oleh mahasiswa adalah menyusun skripsi yang berbobot sehingga akhirnya mahasiswa dapat lulus tepat waktu. Keterlambatan penyelesaian skripsi menghambat kelulusan tepat waktu. Jumlah mahasiswa yang lulus tepat waktu di masa lalu masih di bawah 50%, namun dengan adanya sinergi antara perkuliahan yang baik yang diperlukan untuk penyusunan skripsi dan program bimbingan dini, jumlah tersebut dapat meningkat. Artikel ini disusun berdasarkan pengalaman dan penelitian peningkatan efektivitas perkuliahan metode penelitian pendidikan. Tujuan penelitian meningkatkan kualitas perkuliahan metode penelitian pendidikan. Masalah penelitian adalah apakah dengan pendekatan pemecahan masalah bersinergi dengan program bimbingan dini dapat meningkatkan kualitas perkuliahan metode penelitian pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian tindakan ini adalah dengan pendekatan pemecahan masalah berorientasi Contextual Teaching and Learning. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa dengan sinergi ini 87% proposal mahasiswa yang dibuat untuk memenuhi tugas mata kuliah juga disetujui oleh pembimbing untuk menjadi proposal skripsi. Di samping itu juga dapat dilaporkan rerata nilai akhir ujian mahasiswa mampu mencapai rerata 83,3; jumlah mahasiswa yang lulus mata kuliah 100%, serta kuliah menjadi lebih kondusif. Kata Kunci: Kualitas Perkuliahan, Metode Penelitian, Pemecahan Masalah 
KAJIAN BUDAYA JEPANG DALAM BUKU 20 TEMA SEBAGAI MATERI PEMBELAJARAN MEMBACA Lispridona Diner; Andy Moorad
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 27, No 1 (2010): April 2011
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jpp.v27i1.190

Abstract

Jenis cara melakukannya untuk mengenal budaya Jepang. Setiap kesempatan, Jepang selalu memperkenalkan budaya mereka. Kita bisa tahu budaya Jepang dengan bahan penelitian apa yang harus diajarkan di kuliah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui subtastance budaya Jepang dalam buku 20 Tema itu. Hasil pemeriksaan oleh budaya adalah 1). kegiatan; budaya kerja (pekerja keras), melestarikan kawasan, membaca komik dan gedung pernikahan, 2) fisik; di atas gedung ada kafe, meskipun jenis bangunan dipengaruhi oleh jenis  bangunan eropa tapi di Bangunan telah "tatami". Untuk saat ini orang Jepang menutup diri mereka dari luar atau budaya asing. Saat ini budaya asing dapat masuk ke Jepang, tapi orangorang Jepang yang terus-menerus mempertahankan budaya nenek moyang mereka sebagai warisan budaya. Keyword: Kebudayaan, Pembelajaran
PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERAPAN I PADA MAHASISWA PROGRAM Herdi Saputra; Dwi Purwanti
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 27, No 1 (2010): April 2011
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jpp.v27i1.195

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah masih rendahnya prestasi hasil belajar mahasiswa program studi Diploma III Teknik Elektro UNNES pada matakuliah Matematika Terapan I. Masalah yang timbul adalah seberapa besar peningkatan prestasi hasil belajar mahasiswa dapat diperoleh sebagai hasil inovasi metode pembelajaran matakuliah Matematika Terapan I menggunakan metode pemberian tugas melalui E-learning, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi hasil belajar mahasiswa D3 TE UNNES pada matakuliah Matematika Terapan I sebagai hasil inovasi metode pembelajaran menggunakan  metode tersebut. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa D3 TE UNNES Semester I yang mendapat matakuliah Matematika Terapan I. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas ( action research ) yang dirancang melalui dua siklus. Adapun prosedur tiap-tiap siklus terdiri dari: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Jenis data yang dikumpulkan berupa data kualitatif dan kuantitatif yang dikumpulkan dengan teknik Focus Group Discussion, observasi, wawancara mendalam, dan pengukuran hasil belajar melalui tes. Data kualitatif yang terkumpul akan dianalisis berdasarkan model analisis interaktif melalui empat komponen analisis yaitu: reduksi data, penyajian, penarikan simpulan dan verifikasi secara simultan. Sedangkan data kuantitqatif dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan : Prestasi belajar mahasiswa cenderung meningkat Hal ini nampak dari peningkatan nilai rata-rata prestasi belajar mahasiswa yang semula 62,91 pada siklus I meningkat menjadi 75,29 pada siklus II. Sementara faktorsemangat belajar mahasiswa juga mengalami peningkatan menjadi kriteria baik sebesar 32,87% dan secara umum kualitas pembelajaran meningkat dengan sangat signifikan yang berkategori baik menjadi sebesar 40.96%.Kata Kunci : E-Learning, Pembelajaran, Matematika
MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA DALAM PEMBELAJARAN KIMIA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD - Harjono
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 27, No 1 (2010): April 2011
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jpp.v27i1.186

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk memaksimalkan implementasi KTSP pada mata pelajaran kimia di kelas X. Penerapan model pembelajaran kooperatif STAD berdasarkan hasil observasi dan refleksi melalui penyusunan perangkat pembelajaran berbasis pembelajaran kooperatif STAD yang terdiri dari LKS, soal-soal kuis, lembar observasi dan rencana pembelajaran serta perangkat pembelajaran pendukung lainnya. Model pembelajaran kooperatif STAD terdiri dari 4 tahap utama yaitu: penyajian materi oleh guru, siswa belajar didalam tim yang terdiri 4-5 siswa, pemberian kuis dan penghargaan tim berdasarkan hasil penilaian kuis. Penelitian dapat diselesaikan dalam 3 siklus selama 6 minggu dengan 6 kali pemberian kuis dan 1 (satu) kali tes akhir. Hasil penelitian menunjukkan telah terjadi peningkatan aktifitas belajar siswa yang positif di kelas dari minggu ke minggu selama siklus penelitian berlangsung. Aktifitas siswa selama proses pembelajaran diamati oleh tim peneliti sebagai data untuk melakukan evaluasi dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif STAD di kelas X mampu meningkatkan kompetensi siswa pada mata pelajaran Kimia yang ditunjukkan oleh aspek-aspek kognitif, afektif dan psikomotorik selama pembelajaran berlangsung. Kata Kunci: kooperatif STAD, KTSP, Kimia.
PENINGKATAN KUALITAS PERKULIAHAN PENDIDIKAN MATEMATIKA II MELALUI STRATEGI MODELING THE WAY Noening Andrijati
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 27, No 1 (2010): April 2011
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jpp.v27i1.191

Abstract

Pencapaian tahun sebelumnya dari semester keempat mahasiswa S1 PGSD FIP UNNES, Tegal pada Pendidikan Matematika II menunjukkan kompetensi siswa rendah '. Penyebab ini kompetensi yang rendah adalah pemahaman dan keterampilan yang rendah, bahan baru, serta strategi atau pendekatan yang digunakan oleh dosen mereka yang tidak mendukung pemahaman siswa dan keterampilan. Pertanyaan penelitian ini adalah "pemodelan Melalui 'cara strategi, dapat kualitas kuliah Pendidikan Matematika II ditingkatkan" riset pengembangan pembelajaran ini menggunakan penelitian tindakan kelas dilakukan dalam dua siklus?; Setiap siklus terdiri dari empat tahapan: rencana, tindakan , observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes. Kriteria yang digunakan untuk menilai keberhasilan adalah: (1) formatif tes siswa berarti nilai lebih dari 70, (penguasaan 2) kelas belajar paling sedikit 70%, aktivitas belajar siswa, dan nilai kinerja dosen adalah minimal 70,5 atau B. Setelah menerapkan 'pemodelan cara strategi dalam siklus pertama, tes formatif siswa adalah skor rata-rata 72,3 dan kelas belajar penguasaan adalah 66,67%. prestasi siswa meningkat pada siklus kedua; formatif tes siswa ratarata skor 74,53 dan kelas belajar penguasaan adalah 82,22%. Kegiatan belajar siswa pada siklus pertama mencapai tingkat 80 atau B, dan pada siklus kedua, naik menjadi 87,5 atau kinerja A. dosen di siklus pertama 81.25or AB, dan pada siklus kedua, menjadi 87,5 atau A Hasil ini. dianggap cukup, karena setiap komponen, misalnya prestasi, kegiatan belajar siswa, dan kinerja dosen, telah memenuhi kriteria yang digunakan untuk menilai keberhasilan pelaksanaan 'pemodelan cara strategi. Berdasarkan data tersebut, kesimpulannya adalah bahwa strategi pemodelan melalui 'cara', kualitas kuliah Pendidikan Matematika SD 2 dalam program studi S1-PGSD FIP UNNES, Tegal dapat ditingkatkan. Kata Kunci: pendidikan matematika II mengajar, strategi cara pemodelan.
IMPROVING THE AUTODIDACT LEARNING OF STUDENT ON KALKULUS THROUGH COOPERATIVE LEARNING “STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION” BY PORTFOLIO PROGRAMMED Bambang Eko Susilo; Iqbal Kharisudin
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 27, No 1 (2010): April 2011
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jpp.v27i1.196

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan latar belakang masih rendah otodidak belajar siswa dalam ceramah. Penelitian ini dilakukan pada perkuliahan Kalkulus II diambil oleh mahasiswa Jurusan Matematika FMIPA UNNES. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus berisi tentang perencanaan, tindakan, observasi, dan evaluasi-refleksi. Sebelum itu, ada pembagian ke dalam klasifikasi diskusi terdiri dari empat atau lima orang setiap kelompok. Hasil penelitian telah dilakukan dua siklus penelitian. Siklus I mencapai hanya 12 siswa atau 27,91% dari seluruh siswa yang belajar secara otodidak mendapatkan skor 60 berarti masih di bawah indikator keberhasilan penelitian ini, yaitu 60%. Jadi perlu dilanjutkan ke siklus berikutnya. Dari portofolio yang telah dikumpulkan, dapat dilihat bahwa kreativitas siswa dalam membuat kuesioner yang masih rendah. Umumnya mereka tidak mendapatkan referensi kecuali dari kelas mereka. Siklus II mencapai 27 siswa atau 62,79% dari seluruh siswa yang mendapatkan skor otodidak belajar 60 sehingga indikator keberhasilan telah tercapai. Tapi ada masih ada gelisah tentang perbedaan skor cara belajar secara otodidak siklus I dan II, yaitu hanya 4,53, sehingga untuk siklus berikutnya peningkatan skor harus memiliki perhatian. Dari studi di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif " student teams achievement division " (STAD) oleh portofolio diprogram sebagai pengembangan perencanaan Aku Kalkulus dapat meningkatkan otodidak belajar siswa. Penelitian ini perlu ditindaklanjuti karena masalah belajar tidak bisa selesai oleh satu model pembelajaran. Penelitian perlu mengembangkan setiap model pembelajaran dan menerapkannya di kelas untuk siswa tidak bosan. Itu diperlukan penelitian selanjutnya yang melihat dampak dari model pembelajaran dari sisi lain, misalnya dalam kreativitas dalam membuat kuesioner di dalam kelas dalam dan luar ruangan belajar.Kata Kunci: student teams achievement division, autodidact learning, portfolio programmed
IMPLEMENTASI MATERI OPEN SOURCE SOFTWARE PADA SISTEM PEMBELAJARAN ONLINE - Djuniadi; Y primadiyanto; Yeri Sutopo
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 27, No 1 (2010): April 2011
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jpp.v27i1.187

Abstract

Pemakaian software bajakan merupakan fenomena yang harus segera dicarikan solusinya menjadi pemakaian software legal. Pemerintah sebagai regulator dan sekaligus penanggung jawab, pada tanggal 30 Juni 2004 telah mendeklarasikan penggunaan dan pengembangan Open Source Software. Inti dari deklarasi ini adalah menyebarluaskan pemanfaatan Open Source Software (OSS) di Indonesia. Sehubungan dengan itu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk membangun sistem pembelajaran online open source software dan menyebarluaskan pemanfaatan open source software kepada khalayak luas. Sedangkan konten open source yang ditempatkan pada sistem pembelajaran online open source software meliputi Open office Writer, Open Office Calc, Mozilla Firefox, Instalasi server LAMP dan instalasi aplikasi di Linux fedora. Kata kunci: OSS, konten, pembelajaran online
ANALISIS BUTIR TES UJIAN AKHIR MADRASAH MATA PELAJARAN BAHASA ARAB SISWA MADRASAH ALIYAH TAHUN AJARAN 2008-2009 - Zhukaira
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 27, No 1 (2010): April 2011
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jpp.v27i1.192

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan tes kualitas dalam hal validitas, reliabilitas, kompleksitas dan perbedaan kekuatan, dan untuk sampai ke bagian bawah guru bahasa Arab dan masalah tim pembuat tidak melakukan uji analisis item. Penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. teknik pengumpulan data dan dokumentasi dari penelitian ini adalah kuesioner. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tentang realitas kurikulum dikehendak tuntutan ideal yang sesuai, sehingga memenuhi validitas konten. Tinggi tingkat keandalan tes yaitu 0,76. Bervariasi tingkat kesulitan adalah 66%, terlalu mudah 26% dan tinggi 8%. Setelah membedakan tes yang baik 16%, sedang 46%, kurang 24%, tidak memiliki fitur pembeda 6%, 8% dan negatif. Karena guru atau tim tentang tidak membuat analisis yang tidak semua bahasa Arab guru lulusan Pendidikan Bahasa Arab, tidak memiliki pengalaman analisis uji, kurangnya saran dari bos yang memotivasi analisis, kurang pemahaman tentang analisa pengujian, dan belum menerima pelatihan di bidang evaluasi dan analisis. Kata Kunci: butir tes, bahasa Arab, Madrasah Aliyah
MODEL PEMBERDAYAAN KOMITE SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DENGAN MEMBANGUN JARINGAN KAPITAL SOSIAL Tri Suminar
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 27, No 1 (2010): April 2011
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jpp.v27i1.197

Abstract

penyelenggaraan pendidikan di sekolah yang menerapkan manajemen berbasis sekolah. Penelitian ini bertujuan mengembangkan model pemberdayaan komite sekolah dalam pelaksanaan manajemen berbasis sekolah dengan membangun jaringan kapital sosial. Desain penelitian menggunakan pendekatan research and development. Subyek penelitian anggota komite sekolah dan segenap komponen sekolah. Pengumpulan data dengan wawancara terstruktur dan observasi dokumen. Analisis data deskriptif kualitatif fenomenologi dan analisis statistik inferensial uji t. Temuan studi eksploratif adalah kinerja komite sekolah dalam manajemen berbasis sekolah masih kurang baik. Penghambat kinerja komite sekolah dari faktor internal maupun eksternal adalah belum adanya kerjasama yang baik antara komite sekolah dengan komponen sekolah, keduanya belum terikat norma kebersamaan, timbal balik dan kepercayaan untuk melaksanakan manajemen sekolah. Potensi pendukung komite adalah kemauan menjalin interaksi sosial secara intensif sampai terbentuk kepercayaan. Model pemberdayaan komite sekolah dengan membangun jaringan kapital sosial efektif berdasarkan hasil hitung uji t test pada taraf kepercayaan 0,05. Rata-rata kinerja komite sekolah naik 13,75 poin. Terdapat perubahan yang konsisten antara intensitas kapital sosial dengan kualifikasi kinerja komite sekolah. Saran, sosialisasi pentingnya membangun jaringan kapital sosial berdasarkan nilai budaya lokal. Komite sekolah bersikap dan bertindak proaktif, lebih kreatif untuk menumbuhkan nilai kepercayaan dari sekolah.Kata Kunci: manajemen berbasis sekolah, pemberdayaan, komite sekolah, kapital sosial.
PENGEMBANGAN MODEL PENINGKATAN MOTIVASI BERPRESTASI GURU SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN KENDAL Chatarina Tri Ani
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 27, No 1 (2010): April 2011
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jpp.v27i1.188

Abstract

Salah satu faktor yang menjadi kendala dalam peningkatana mutu pendidikan adalah kinerja guru. Kinerja guru erat kaitannya dengan motivasi berprestasinya, dengan motivasi berprestasi ini guru akan memiliki dan mengejar standard of excellence dalam melaksanakan tugas profesionalnya. Motivasi berprestasi adalah usaha yang gigih untuk berprestasi sebaik mungkin dalam segala aktivitas kehidupan. Untuk mengembangkan motivasi berprestasi guru melibatkan unsur individu pemahaman akan kebutuhan guru ; dan unsur lingkungan berkaitan dengan iklim kerja . Peningkatan motivasi berprestasi dilakukan dengan pelatihan peningkatan motivasi berprestasi. Penelitian ini diharapkan dapat mendeskripsikan motivasi berprestasi guru SD sebagai dasar penampilan kerja profesionalnya, iklim kerja guru dalam lingkup tugasnya di sekolah, dan menemukembangkan pola atau model pelatihan untuk peningkatan motivasi berprestasi guru SD. Penelitian dirancang dengan menggunakan rancangan Research and Development, suatu program penelitian yang ditindaklanjuti dengan program pengembangan untuk penyempurnaan. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive, pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara terbuka. Teknik analisis data menggunakan teknik prosentase, dan teknik analisis deskriptif kualitatif dilakukan dengan membuat deskripsi kualitatif atas temuan penelitian. Penelitian ini menghasilkan prototipe pengembangan model peningkatan motivasi berprestasi bagi guru SD, diharapkan motivasi berprestasi guru meningkat yang akan nampak pada kinerjanya. Kualitas kinerja guru dapat diamati dari pencapaian prestasi yang diperoleh siswa, kepuasan orang tua dan stakeholder. Kata Kunci: Motivasi berprestasi, guru SD Kabupaten Kendal

Page 1 of 2 | Total Record : 15


Filter by Year

2010 2010


Filter By Issues
All Issue Vol 40, No 2 (2023): October 2023 Vol 40, No 1 (2023): April 2023 Vol 39, No 2 (2022): October 2022 Vol 39, No 1 (2022): April 2022 Vol 38, No 2 (2021): October 2021 Vol 38, No 2 (2021): Oktober 2021 Vol 38, No 1 (2021): April 2021 Vol 37, No 2 (2020): October 2020 Vol 37, No 1 (2020): April 2020 Vol 36, No 2 (2019): Oktober 2019 Vol 36, No 2 (2019): October 2019 Vol 36, No 1 (2019): April 2019 Vol 35, No 2 (2018): Oktober 2018 Vol 35, No 2 (2018): October 2018 Vol 35, No 1 (2018): April 2018 Vol 34, No 2 (2017): October 2017 Vol 34, No 2 (2017): Oktober 2017 Vol 34, No 1 (2017): April 2017 Vol 33, No 2 (2016): October 2016 Vol 33, No 2 (2016): Oktober 2016 Vol 33, No 2 (2016): Oktober 2016 Vol 33, No 1 (2016): April 2016 Vol 33, No 1 (2016): April 2016 Vol 32, No 2 (2015): October 2015 Vol 32, No 1 (2015): April 2015 Vol 32, No 2 (2015) Vol 32, No 2 (2015) Vol 32, No 1 (2015) Vol 32, No 1 (2015) Vol 31, No 2 (2014): October 2014 Vol 31, No 1 (2014): April 2014 Vol 31, No 2 (2014) Vol 31, No 2 (2014) Vol 31, No 1 (2014) Vol 31, No 1 (2014) Vol 30, No 2 (2013): October 2013 Vol 30, No 1 (2013): April 2013 Vol 30, No 2 (2013) Vol 30, No 2 (2013) Vol 30, No 1 (2013) Vol 30, No 1 (2013) Vol 29, No 2 (2012): October 2012 Vol 29, No 1 (2012): April 2012 Vol 29, No 2 (2012) Vol 29, No 2 (2012) Vol 29, No 1 (2012) Vol 29, No 1 (2012) Vol 28, No 2 (2011): October 2011 Vol 28, No 1 (2011): April 2011 Vol 28, No 2 (2011) Vol 28, No 2 (2011) Vol 28, No 1 (2011) Vol 28, No 1 (2011) Vol 27, No 2 (2010): October 2010 Vol 27, No 1 (2010): April 2011 Vol 27, No 2 (2010) Vol 27, No 2 (2010) Vol 27, No 1 (2010) Vol 27, No 1 (2010) More Issue